Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar konsep bangun ruang prisma dan limas di kelas viii SMP Negeri 1 Napa Angkola Selatan Kab. Tapanuli Selatan

Hasibuan, Ridwan Harun (2014) Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar konsep bangun ruang prisma dan limas di kelas viii SMP Negeri 1 Napa Angkola Selatan Kab. Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073300027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukao di SMP I Napa Angkola Selatan Kab. Tapanuli Selaatan berdasarkan adanya keluhan dari para siswa yang mengalami kesulitaa dalam memahami mateti bangun nrang kftususnya prisma dan limas. Kesulitan tersebut terjadi ketika siswa belum mengu4sai konsep bangun datar, sehingga sering terjadi verbalisasi dalam memahami bangun ruang prisma dan limas. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah trntuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang prisma dan lisas di SMP Negeri 1 Napa Angkola Selatan Kab. Tapanuli Selatan. Untuk melihat tingkat penguasaan konsep bangun datar dan bangun ruilng prisma dan limas digunakan analisa deskriptif, nntuk melihat hubungan di antara keduanya digunakan teknik korelasi pro&tct moment. Adapun sampel dalam penelitiaa ioi adalah berjumlah 35 siswa dari populasi sebmyak 170 sisrnra atau berkisar Zl o/s dari 5 kelas yang tersedia. Selanjutnya instnm€n yaag digunakao sebagai pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes beftemuk nwltiple chaice. IIGiI yang dipe,roleh dalam penelitian ini menuqiukkan bahwa hubungan trtra penguasaan konsep hngua datar dgngal hasil belajar bangun rurmg prisma dm limes di SMP Negeri 1 Napa Anglola Selatan Kab. Tapanuli Selatan adalah *sedmgl d€ngtm mgkakorelasi r* lebih besar dari 1n5,e1 yaitu 0,559 > 0,334. Berdasatan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa adanya hubungan e'ffia p€nguasaa konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang prisma dm lims di SMP Negqi I Napa Angkola Selataa Kab. Tapanuli Selatan dapat diffiikm

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Penguasaan Konsep Bangun Datar; Hasil Belajar Konsep Bangun Ruang Prisma; Limas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:42
Last Modified: 31 Aug 2020 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item View Item