Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga mistar hitung pada siswa kelas IV SD N 0405 Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas

Hasibuan, Murnisah (2015) Upaya meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga mistar hitung pada siswa kelas IV SD N 0405 Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Matematika di kelas IV menunjukkan masih banyak Pemahaman siswa yang sangat lemah terhadap terhadap konsep bilangan bulat, Salah satu penyebab kurangnya pemahaman konsep matematika siswa adalah sistem belajarnya tatap muka (face to face) saja, selain itu siswa juga tidak pernah menanyakan pembahasan yang kurang dimengerti, dan soal-soal yang diberikan guru tidak semua siswa mau mengerjakannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan alat peraga Mistar Hitung dalam pembelajaran pengenalan bilangan bulat dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas IV SD N 0405 Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas, penelitian ini bertujuan dengan menggunakan alat peraga Mistar Hitung dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pengenalan bilangan bulat dikelas IV SD N 0405 Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV siswa SD N 0405 Hapung, yang beralamat di Jl. Sibuhuan Hapung, Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran Agustus 2015 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 43 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi pemahaman konsep pengenalan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga Mistar Hitung pada siklus I pertemuan ke-1 pemahaman konsep masalah matematika siswa masih rendah yaitu rata-rata 10.16% kemudian pada pertemuan ke- 2 meningkat menjadi 15.66% peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 pemahaman konsep pengenalan bilangan bulat siswa menjadi 69.6% kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 83.16%. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 23.25%, pertemuan ke-2 meningkat yaitu 46.51%. Dan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan rat-rata 69% meningkat pada pertemuan ke-2 yaitu 81%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan penggunaan alat peraga Mistar Hitung berhasil dapat meningkatkan pemahaman konsep pengenalan bilangan bulat siswa pada materi pengenalan bilangan bulat di kelas IV SD N 0405 Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten padanglawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Irwan Shaleh Dalimunthe,M.A dan Almira Amir,M.Si
Keywords: Pemahaman konsep, Pengenalan bilangan bulat, Alat peraga mistar hitung
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 31 Aug 2020 08:12
Last Modified: 01 Sep 2020 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4587

Actions (login required)

View Item View Item