Wafidatunnur, Wafidatunnur (2015) Penerapan pembelajaran make a match untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada materi operasi aljabar di kelas VIII-C MTsN Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada materi operasi aljabar. Siswa tidak memiliki konsep dasar operasi aljabar yang memadai serta pemahaman yang kurang. Siswa kurang aktif, cenderung diam, tidak memiliki rasa ingin tahu yang besar, tidak memiliki keberanian untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat karena takut salah dan kurang mandiri dalam mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri cenderung menyontek tugas teman. Hal inilah yang menyebabkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa selalu rendah. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match dirancang untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Dari latarbelakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada materi operasi aljabar di kelas VIII-C MTsN Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian melalui sistem siklus, Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Istrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran make a match. Setelah dilaksanakan tindakan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas ada 8 siswa dari 38 siswa atau 21,05% dari total jumlah siswa. Hasil tes siklus I pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 63,55 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 36,84% dan kreativitas siswa sebesar 35,70% yang menunjukkan siswa masih sangat kurang kreatif, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73,26 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 55,26% dan kreativitas siswa sebesar 56% yang menunjukkan siswa masih kurang kreatif. Selanjunya pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 81,15 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 71,05% dan kreativitas siswa sebesar 71,40% yang menunjukkan siswa sudah kreatif, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,78 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 86,84% dan kreativitas siswa mencapai 85,50% yang menunjukkan siswa sudah sangat kreatif dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. M. Idrus Hasibuan, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match; Pemahaman Konsep; Kreativitas |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4569 |
Actions (login required)
View Item |