Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs YPKS padangsidimpuan

Sianipar, Risman (2015) Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs YPKS padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu komunikasi antara guru matematika dan siswa yang merupakan dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Salah satu usaha guru matematika agar proses pembelajaran tersebut berlangsung dengan baik adalah dengan merencanakan strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran tersebut. Komunikasi yang baik dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan anak didik agar mereka mudah memahami materi yang telah disajikan oleh guru. Oleh sebab itu komunikasi yang sangat jelas dapat membantu proses belajar-mengajar peserta didik. Peranan guru matematika tidak hanya sekedar memberikan pokok-pokok bahan pelajaran terhadap siswa, tetapi guru matematika harus dapat menciptakan suatu ikatan yang baik dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Untuk mengetahui gambaran komunikasi guru di kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan.Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian ex post facto Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 240 siswa. Sampel diambil dari populasi, peneliti mengambil sampel sebanyak 72 orang (30%) dari populasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proporsional Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan proporsional, instrumen pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa rhitung sebesar 0,431>rtabel 0,235 dalam kategori hubungan cukup kuat, dan kontribusi komunikasi guru terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,5%. Dan setelah dilakukan perhitungan hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh t hitung = 4 > t tabel =1,661, persamaan regresi Ŷ=72,98+1,09X, X = 58,63 dan Y= 84,30,dengan F hitung = 72,48 > Ftabel= 3,98.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhimma dan Mariam Nasution
Keywords: Pembelajaran; komunikasi guru; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:48
Last Modified: 31 Aug 2020 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item