Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran konstektual (CTL) pada materi peluang di kelas XI IPA 4 SMA N 5 Padangsidimpuan

Harahap, Ika Widia Putri (2015) Meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran konstektual (CTL) pada materi peluang di kelas XI IPA 4 SMA N 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa dalam menjawab soal dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, berdasarkan data awal rendah. Saat proses pembelajaran materi peluang guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif dan menghafal serangkaian fakta-fakta saja sehingga siswa merasa kurang tertarik dalam pembelajaran matematika serta kesempatan siswa terbatas untuk menerapkan apa yang dipelajarinya di kelas dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa pada materi peluang di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi setting penelitian adalah siswa SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan subjek penelitian adalah kelas XI IPA 4 yang berjumlah 29 siswa, yaitu 21 siswa perempuan dan 8 siswa lakilaki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari rata-rata nilai siswa dan persentasinya serta disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam menjawab soal dan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Pada siklus I ada peningkatan keaktifan siswa menjawab soal dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 41,37% atau 12 siswa menjadi 58,62% atau 17 siswa. Motivasi belajar siswa awalnya 23,44% meningkat pada siklus I menjadi 47,28%. Pada siklus II keaktifan siswa menjawab soal meningkat menjadi 79,31% atau 23 siswa dan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 73,43%. Dengan demikian berarti penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada materi peluang di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Erna Ikawati
Keywords: Pendekatan pembelajaran kontekstua; keaktifan belajar siswa; motivasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:29
Last Modified: 31 Aug 2020 02:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4558

Actions (login required)

View Item View Item