Sarumpaet, Irwanda (2019) Pengaruh penerapan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520200014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalahnya dapat dilihat ketika peneliti memberikan soal pretest pada siswa yang hasilnya menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong rendah. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem persaman linier tiga variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen pretes-posttes kontol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 213, untuk sampelnya yaitu kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) dan X MIA 2 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik probability sampling dengan pengambilan sampel secara acak sederhana (simple random sampling). Sampel di kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas kontrol juga akan diberikan perlakuan dengan menggukan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengolahan data dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,409 > ttabel = 1,199, maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sistem persaman linier tiga variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Kata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Supari,S.Si.,M.Pd dan Mariam Nasution,M.Pd |
Keywords: | Pendekatan Open-Ended, Sistem persamaan linier tiga variabel |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 09:50 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 09:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4484 |
Actions (login required)
View Item |