Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lintasan belajar pada pokok bahasan segitiga dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Simamora, Nur Indah (2019) Pengembangan lintasan belajar pada pokok bahasan segitiga dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kurang paham terhadap konsepkonsep dalam materi pokok segitiga misalnya menyelesaikan luas dan keliling segitiga, karena materi tersebut disajikan dengan menggunakan metode ceramah dan hanya pada materi tertentu menggunakkan kelompok diskusi siswa. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. Dengan adanya pengalaman nyata yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, maka diharapkan siswa mudah mengingat dan memahami konsep segitiga sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui desain lintasan, validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik pokok bahasan segitiga di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan dengan subjek ujicoba produk di kelas VII-10, berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, observasi, serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik dikatakan valid dan praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 87 dari analisis 3 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 84 dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen. Pendekatan pendidikan matematika realistik pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi segitiga melalui media Roti dan Kertas Berpetak. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitasaktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami konsep segitiga, dan memahami luas dan keliling segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.pd dan Dr.Erawadi,M.Ag
Keywords: Lintasan belajar, Pendekatan pendidikan matematika realistik, Segitiga
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:32
Last Modified: 31 Aug 2020 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item