Harefa, Rasnim (2020) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan ahlak siswa di SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak memiliki akhlak yang baik seperti: tidak mau melaksanakan peraturan dan tata tertib sekolah, tidak memiliki sopan santun ketika berkomunikasi dengan yang lebih tua dan teman, sering berkelahi dilingkungan sekolah, melawan kepada guru, tidak berperilaku jujur dan merokok. Untuk menciptakan siswa yang memiliki akhlak yang baik, maka sangat perlu adanya upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan akhlak siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana gambaran akhlak siswa di SMP Negeri 1 Angkola Barat, apa saja upya guru pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Angkola Barat, apa saja kendala guru pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (guru Pendidikan Agama Islam, siswa dan staf-staf lainnya). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan waktu, ketekunan, truangulasi, dan pengecekan angota. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, menyeleksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa gambaran akhlak siswa di SMP Negeri 1 Angkola Barat masih ada yang bolos sekolah, perkelahian antar peserta didik, mencuri, melawan kepada guru, dan kurangnya sopan santun. Dalam menanamkan akhlak kepada siswa guru Pendidikan Agama Islam melakukan beberapa upaya sebagai berikut: memberikan contoh teladan, contoh pembiasaan, melakukan ibadah, pemberian nasehat, pengaktifan ekstrakurikuler keagamaan, dan pemberian hukuman. Sementara yang menjadi kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak kepada siswa sebagai berikut: sulit mengontrol siswa, kurangnya kesadaran siswa, dan faktor lingkungan yang terbagi menjadi: lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Zulhammi, M.Ag, M.Pd. |
Keywords: | Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 08:22 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 08:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4438 |
Actions (login required)
View Item |