Neri, Neri (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode non-directive pokok bahasan bangun ruang di kelas XI SMK Negeri 3 Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latarbelakang masalah pada penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara harapan pembelajaran matematika dengan kenyataan dalam pelaksanaannya, karena guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, oleh karena itu guru harus memperbaiki metode mengajarnya yaitu dengan metode non-directive. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa melaui metode non-directive pada pokok bahasan kubus di kelas XI TAV-I SMK Negeri 3 Panyabungan Utara dan penerapan hasil belajar matematika melalui metode non-directive pada pokok bahasan bangun ruang (kubus) di kelas XI TAV-I SMK Negeri 3 Panyabungan Utara. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflektion). Tekhnik pengumpulan data dengan pemberian tes. Subjek penelitian ini adalah kelas XI TAV I SMK Negeri 3 Panyabungan Utara yang berjumlah 23 siswa, yaitu 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari nilai rata-rata siswa dan persentasinya serta disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode non-directive. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakanya tindakan. Pada siklus I adanya peningkatan hasil belajar dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 34,78% atau 8 siswa menjadi 43,47% atau 10 siswa. Pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat menjadi 60,87% atau sebanyak 14 siswa menjadi 78,26% atau 18 siswa. Dengan demikian berarti penerapan metode non-directive dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa paa pokok bahasan bangun ruang (kubus) di kelas XI TAV I SMK Negeri 3 Panyabungan Utara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | hasil belajar matematika; metode non-directive; bangun ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:41 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 03:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4294 |
Actions (login required)
View Item |