Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (spldv) kelas VIII-A di MTsN Panyabungan

Koto, Nurhalimah (2015) Penerapan model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (spldv) kelas VIII-A di MTsN Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan serta kemauan siswa pada proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya dalam bentuk soal cerita, tentunya berdampak pada hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Polya mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A di MTsN Panyabungan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dibuat dengan dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes serta lembar observasi untuk melihat peningkatan pemecahan masalah siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dengan menggunakan tes bahwa penerapan model Polya di MTsN Panyabungan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 65,74 dengan persentase ketuntasan 29,62%. Pada pertemuan ke-2, nilai rata-rata siswa mencapai 74,81 dengan persentase ketuntasan 37,03%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan terjadi dengan pesat, yaitu pada pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa mencapai 84,81 dengan persentase ketuntasan 74,07% dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi hingga 88,70 dengan persentase ketuntasan 88,89%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai pada siklus II. Jadi, dapat dilihat bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model Polya pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-A di MTsN Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Zulhammi, S.Ag., M.Pd
Keywords: Model Polya; Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:37
Last Modified: 11 Aug 2020 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4198

Actions (login required)

View Item View Item