Aziz, Abdul (2019) Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MIS Budi Masyarakat Indonesia Minangkabau Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1723100209.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Implementasi kurikulum merupakan hal yang penting dibicarakan dengan lebih serius terutama pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis pada Kurikulum 2013. Perencanaan merupakan awal dalam mengimplementasikan sebuah pembelajaran disekolah. Perencanaan merupakan unsure penting dalam pendidikan yang memiliki posisi dan fungsi strategis dalam proses pengembangan potensi peserta didik sebagai mana tuntutan kurikulum 2013. Guru profesional mengimplementasikan materi pendidikan al-Qur’an Hadis sesuai dengan kontrol dan acuan kurikulum 2013serta diharapkan dapat meningkatkan mutu guru untuk mengimplementasikan materi pendidikan. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika ilmiah induktif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikut sertaan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan proses pembelajaran al-Qur’an Hadis di MIS Bumim Sibolga dilaksanakan dalam rapat tahunan dan dilanjutkan dalam forum MGMP al-Qur’an Hadis. Salah satu langkah yang dilakukan dalam forum ini adalah: melakukan pertemuan minimal satu bulan sekali, menghadirkan nara sumber dalam pertemuan ini, membahas materi-materi yang sangat esensial, dan melakukan pengembangan materi pembelajaran dalam kurikulum 2013.Pada tahap perencanaan ini guru sudah mampu menyusun dan mempersiapkan administrasi pembelajaran untuk persiapan selama enam bulan sampai satu tahun kedepan sesuai dengan hasil pertemuan dengan forum MGMP al-Qur’an Hadis. Implementasi kurikulum al-Qur’an Hadis di MIS Bumim Sibolga sudah terlaksana meski dengan keterbatasan-keterbatasan dan kendala yang dihadapi oleh para guru mata pelajaran al-Qur’an Hadis, baik keterbatasan dalam menggunakan teknologi maupun media. Para guru berusaha mengimplementasikan kurikulum 2013 walau keterbatasan kemampuan yang seadanya. Pada tahap penilaian guru al-Qur’an Hadis sudah melakukannya sesuai dengan kurikulum 2013 yang meliputi penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes lisan, tertulis dan penugasan serta penilaian keterampilan dilakukan dengan penilaian proyek dan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Magdalena, M.Ag. |
Keywords: | Kurikulum 2013; Alquran Hadis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:41 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4191 |
Actions (login required)
View Item |