Tambunan, Raja (2019) Penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI PI 4 SMA Swasta Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1723100202.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif, dimana peneliti sebagai guru Pendidikan Agama Islam, sementara guru Pendidikan Agama Islam sebagai observer. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam, dimana sebelum penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah, disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, mengantuk dan ribut. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI PI 4 SMA Swasta Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 31 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, setiap siklus dilakukan 1 x pertemuan dari setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Pada pra tindakan berdasarkan lembar observasi motivasi belajar siswa yang diamati oleh observer hasilnya adalah dari nilai rata-rata persentase 48.16%, nilai rata-rata persentase pada siklus I 55.90% , sedangkan nilai rata-rata persentase pada siklus II 65.90%, sementara nilai rata-rata persentase pada siklus III 88.71%. Adapun hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam pada pra tindakan adalah dari 31 jumlah siswa keseluruhan hanya 13 siswa yang belum tuntas atau 42% dan 18 siswa yang memiliki nilai tuntas atau 58% dengan rata-rata kelas 75, pada siklus I dari 31 jumlah siswa keseluruhan hanya 8 siswa yang belum tuntas atau 25.80% dan 23 siswa yang memiliki nilai tuntas atau 74.2% dengan nilai rata-rata kelas 79.03, pada siklus II dari 31 siswa jumlah keseluruhan hanya 3 siswa yang belum tuntas atau 9.68% dan 28 siswa yang memilki nilai tuntas atau 90.32% dengan nilai rata-rata kelas 82,25, pada siklus III dari 31 siswa jumlah keseluruhan sudah memiliki nilai tuntas atau 100% dengan nilai rata-rata 88.06.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Magdalena, M.Ag. |
Keywords: | Strategi pembelajaran berbasis masalah; peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:31 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4180 |
Actions (login required)
View Item |