Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Padang Bolak

Siregar, Rosmina Safitri (2010) Efektivitas metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Padang Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06310953.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak? Bagaimanakah efektivitas metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak? efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak, untuk mengetahui efektivitas metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak, untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis, menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak dapat dikatakan belum efektif. Hal ini dikarenakan dasar pertimbangan guru menerapkan metode ceramah dalam pembalajaran PAI tidak dapat mendorong kefektifan metode ceramah. Pelaksanaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak dapat dikatakan cukup efektif karena metode tanya jawab merupakan salah satu metode yang membuka kesempatan kepada semua siswa untuk berpartisipasi mengeluarkan kemampuan dan rasa ingin tahu mereka terhadap suatu persoalan. . Namun demikian terdapat kekurangan dalam pelaksanaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak yaitu sistem arsip nilai yang belum rapi dapat mengakibatkan kekeliruan bagi guru tentang siapa saja siswa yang aktif dalam pembelajaran menggunakan metode tanya jawab, dikhawatirkan hal ini dapat merugikan siswa yang telah aktif selama proses pembelajaran. Pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Padang Bolak belum dapat dikatakan efektif karena sarana yang belum memadai dan alat peraga yang belum lengkap sehingga pelaksanaan metode demonstrasi pun menjadi kurang maksimal. Sehingga tidak semua materi yang mengandung muatan psikomotorik dapat disampaikan dengan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Lazuardi, M.Ag dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:57
Last Modified: 10 Aug 2020 08:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item