Sari, Ramida Purnama (2019) Peranan guru dalam menerapkan pendidikan budi pekerti santri di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam hal mencegah berbagai macam prilaku yang tidak baik dilingkungan sekolah dan dimasyarakat baik bagi kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa maka perlu adanya peranan untuk meningkatkan kesadaran dan pengalaman moral susila secara luas, yaitu dengan meningkatkan Pendidikan Budi Pekerti di sekolah, pesantren, perguruan tinggi dan masyarakat secara luas, maka peneliti ingin melihat apa saja peranan yang dilakukan guru dalam menerapkan Pendidikan Budi Pekerti Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan sehingga para santri dapat menerapkanBudi Pekerti yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan penelitian ini ialah untuk mengetahui keadaan Budi Pekerti santri, danBudi Pekerti yang diamalkan santri, serta peranan yang dilakukan guru dalam menerapkan Pendidikan Budi Pekerti Santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan keadaan Budi Pekerti Santri, dan Budi Pekerti yang diamalkan santri, sertaperanan guru dalam menerapkanBudi Pekerti Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah.Subjek penelitian primer yaitu guru sekuder yaitu santri dan bukubuku (dokumen). Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi serta dokumentasi. Maka hasil penelitian ini bahwa peranan guru dalam menerapkan Pendidikan Budi Pekerti santriialah baik dan sangat berperan, dapat dilihat darikebiasaan santri dalam menerapkan Budi Pekerti yang baik dalam kehidupan sehari-hari diantara Budi Pekerti yang telah diterapkan yaitu: Jiwa Keikhlasan,Jiwa Kesederhanaan, Jiwa Kemandirian, Jiwa Ukhuwah Islamiah, sertaJiwa Kebebasan,dan banyaknya jumlah guru yang melakukan peranan dalam menerapkan Pendidikan Budi Pekerti kepada santri, diantara peranan merekayaitu sebagai: Pendidik (Model), Menciptakan Situasi Demokratis, Mewujudkan Nilai-nilai Melalui Kurikulum, Menciptakan Budaya Bekerja Sama, Menumbuhkan Kesadaran untuk Berkarya, Mengembangkan Refleksi Moral, Mengajarkan Resolusi Konflik. Saran yang diajukan peneliti yaitu keseluruhan guru seharusnya lebih memaksimalkan peranannya dalam penerapan Pendidikan Budi Pekerti bagi Santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Ali Anas Nasution, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Peranan; Guru; Pendidikan Budi Pekerti |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 08:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 08:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4175 |
Actions (login required)
View Item |