Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Rosita, Alfina (2017) Efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan terdapat kelas yang padat. Artinya terdapat jumlah siswa melebihi batas jumlah yang ideal. Di mana dalam kelas terdapat 45 siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan dan apakah kendala guru dalam efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas pengelolaan kelas dan menemukan kendala yang dihadapi guru dalam efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian secara teoritis bagi peneliti untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan penelitian, secara praktis bagi guru dan kepala sekolah sebagai masukan untuk meningkatkan kompetensinya dalam pengelolaan kelas. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengelolaan kelas meliputi pengertian pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas, teknik dan komponen pengelolaan kelas dan kendala-kendala pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan logika deskriptif yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya. Informan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang masuk di kelas VII-3 dan siswa/i kelas VII-3 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan belum terkelola secara baik dan benar. Karena guru Pendidikan Agama Islam yang masuk di kelas VII-3 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan hanya menerapkan prinsip kehangatan dan keantusiasan, tantangan, penekanan pada hal-hal positif dan penanaman disiplin diri. Selanjutnya prinsip bervariasi dan keluwesan belum diterapkan dalam pengelolaan kelas. Kendala guru dalam efektivitas pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan adalah berasal dari guru itu sendiri yaitu guru kurang menguasai keterampilan mengelola kelas agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan kondusif. Kemudian karena jumlah siswa yang terlalu banyak dalam kelas dan membuat kelas terasa sempit dan pengap. Kemudian karena fasilitas yang kurang memadai, sehingga mempengaruhi pengelolaan kelas menjadi kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Drs. Misran Simanungkalit, M.Pd.
Keywords: Pengelolaan Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:35
Last Modified: 10 Aug 2020 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item