Hasibuan, Lismaharani (2017) Analisis kualitas pelayanan Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
Lismaharani Hsb full-dikompresi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah ketidakpuasan yang dialami oleh para pengguna perpustakaan diantaranya tidak cukupnya sumber belajar ketika dibutuhkan dalam pembuatan makalah, karena masih kurangnya referensi di perpustakaan sehinga mahasiswa terkadang masih merasa kewalahan dalam mencari referensi khususnya bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian skripsi. Juga masih kurangnya kecermatan pegawai mengamati mahasiswa yang melakukan kegiatan meminjam dan mengembalikan buku perpustakaan dimana sangat banyak mahasiswa yang melakukan peminjaman dan pengembalian buku dengan menggunakan kartu Perpustakaan orang lain. Dengan begitu banyak mahasiswa yang nantinya akan menggunakan identitas orang lain ketika melakukan peminjaman ataupun pengembalian buku. Kualitas pelayanan diartikan sebagai melakukan sesuatu kepada orang lain agar dapat memenuhi kepuasan pengunjung, pada umumnya mencerminkan produk bersifat tidak berwujud, sedangkan perpustakaan ialah tempat peyimpanan dan pencarian suatu informasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner, dengan jumlah sampel 97 responden yang diambil dari populasi 3.373 responden. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode IPA (Imfortance Performance Analysis) yang menjelaskan sejauh mana tingkat kesesuaian antara kepentingan ataupun harapan dengan kinerja perpustakaan IAIN Padangsiimpuan yang didapatkan oleh pengunjung, untuk pengukuran kepuasan pengunjung dilakukan melalui lima Dimensi yaitu: tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati), sedangkan untuk menganalisisnya menggunakan alat bantu SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan terhadap atribut kualitas pelayanan secara umum sudah memuaskan. Hal ini didasarkan hasil dari Importance Performance Analysis (IPA) yang menunjukkan bahwa terdapat 8 atribut yang berada pada kuadran B (pertahankan prestasi), diantara keempat kuadran, kuadran B merupakan kuadran paling banyak atribut yang didalamnya terdapat 8 atribut yang dimana nantinya atribut yang terdapat pada kuadran ini merupakan atribut yang memiliki kinerja yang sangat baik dan dianggap penting oleh para pemustaka ataupun pengunjung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pengunjung; Perpustakaan |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 09:58 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 13:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |