Nasution, Muhammad Hanapi (2017) Pelaksanaan tahfizh Al-Qur’an juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya santri yang giat untuk menghapal dan ada juga yang kurang termotivasi dalam menghapal al-qur’an rumusan masalah bagaimana pelaksanaan tahfizh al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas, apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyahh Pondok Pesantren AlKhoir Kabupaten Padang Lawas, bagaimana upaya peningkatan dalam pelaksanaan tahfizh Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan penetian ini adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pelaksanaan tahfizh al-Quran di Madrasah Tsanawiyahh Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas, mengetahui pelaksanaan tahfizh alQur’an di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas,dan mengetahui hasil dari pelaksanaan tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas. Dilihat dari pendekatan analisis data penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawacara, kemudian pengelohan dan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah pondok pesantren Al-khoir didirikan oleh bapak khoruddin Siregar pada tahun 1990. Pelaksaaan tahfizh AlQur’an Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas, dengan testing membaca Al-Qur’an benar menghafal Al-Qur’an, mentasmig hapalan dan menyetor ayat. Kendala pelaksanaan Tahfizh Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Khoir Kabupaten Padang Lawas yaitu Kurang dapat mengatur waktu, lingkungan, Perhatian guru kurang, Keterbatasan waktu. Solusi dalam pelaksanaan Tahfizh Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Khoir yaitu ikhlas, memperbaiki ucapan dan bacaan, menentukan prentrase hafalan setiap hari, Jangan melampaui kurikulum harian hingga bagus hafalanya secara sempurna, menggunakan mushap, memahami ayatayat yang dihafal, menghafal urutan-urutan yang dihafal, mengulang dan mendengarkan hafalanya secara rutin, memperbaiki ayat-ayat yang serupa, berguru kepada yang ahli, dan memaksimalkan usia yang tepat untuk menghafal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H.Nurfin Sihotang,M.A., Ph.D dan H.Ismail Baharuddin, M.A |
Keywords: | Tahfizh Al-Qur’an juz 30; Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Khoir |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 08:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 08:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4074 |
Actions (login required)
View Item |