Rambe, Rudi Hamdayani (2017) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP N 1 Halongonan Kab. Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika sudah menjadi kenyataan yang biasa dijumpai sehari-hari dan saat ini masih banyak siswa yang hanya menerima begitu saja pengajaran matematika dan menganggap matematika hanyalah sekedar berhitung dan bermain dengan angka dan rumus. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh yamg signifikan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP N 1 Halongonan. Kegunaan untuk siswa agar senang belajar Matematika, tidak jenuh, sabagai bahan guru dalam pembelajaran dan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah untuk menerapkan model- model pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Model pembelajaran Cooperative Script adalah model pembelajaran dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari baik digunakan dalam pembelajaran untuk membutuhkan ide- ide atau gagasan baru, serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru yang diyakininya benar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Halongonan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 38 siswa. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dianalisa nilai rata- rata kedua kelas. Berdasarkan nilai rata- rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di awal pembelajaran 54,7 dan 56. Dari rata-rata tersebut dilakukan uji-t untuk membuktikan bahwa kedua kelas sampel memiliki kesamaan rata- rata secara signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa kedua kelas memiliki kesamaan rata- rata. setelah dilakukan model pembelajaran Coperative Script di kelas eksperimen nilai rata- rata kelas eksperimen meningkat menjadi 88,6. Dapat dilihat bahwa model pembelajaran Coperative Script memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa khususnya pada hasil belajar siswa pokok bahasan SPLDV. Hasil belajar dikelas kontrol juga memiliki perubahan hasil belajar siswa pada posttes sebesar 82,05. Kelas kontrol dan kelas eksperimen sama- sama mengalami perubahan maka untuk memastikan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan rata- rata yang signifikan maka peneliti melanjutkan analisis data dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 2,190 2,021 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Coperative Script memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Coperative Script; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Hasil belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 03:15 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 03:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
View Item |