Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” (studi di UD. RH HRP Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Ito Aspiani (2017) Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” (studi di UD. RH HRP Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Kebutuhan konsumen yang meningkat dan bermacam-macam serta ingin mendapatkan segalanya dengan mudah menjadi peluang usaha bagi pelaku bisnis. UD. RH HRP Binanga selaku pelaku bisnis harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen agar tidak berpaling ke pesaing lain. Harga yang terlampau mahal membuat kalangan konsumen ragu-ragu membeli karena nilai produk dianggap tidak ada. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh harga dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” di UD. RH HRP Binanga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang simultan antara harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” di UD. RH HRP Binanga. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 22. Populasi penelitian ini adalah pelanggan UD. RH HRP Binanga yang berjumlah sampel sebanyak 40 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda, dengan uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian diperoleh Nilai sebesar 0,397 atau 39,7% variabel harga dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 39,7%. Sisanya 60,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Secara parsial untuk variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” di UD. RH HRP Binanga secara parsial dibuktikan dengan nilai > (3,180 > 1,684), untuk variabel citra merek juga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” di UD. RH HRP Binanga secara parsial dibuktikan dengan nilai > (1,904 > 1,684). Berdasarkan hasil simultan diperoleh nilai > (12,202 > 3,252), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pestisida “akarisida” di UD. RH HRP Binanga secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa,ST.,M.M dan Hamni Fadlilah Nasution,M.Pd
Keywords: Harga,Citra merek,Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:48
Last Modified: 07 Aug 2020 07:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item