Siregar, Masridawati (2017) Pengaruh motivasi terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi belajar siswa sangat rendah sehingga siswa tidak disiplin dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan siswa kurang motivasi dan disiplin dalam belajar dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, bagaimana motivasi mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MtsS Syahbuddin Mustafa Nauli dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, bagaimana motivasi mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MtsS Syahbuddin Mustafa Nauli dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode ex post facto. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan ujit. Selajutnya populasi penelitian ini seluruh kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli berjumlah 46 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,371 dengan demikian hubungan antara kedua variabel “lemah” yang diuji kesignifikannya dengan menggunakan uji-t sebesar 2.650 dimana thitung > ttabel atau 2.650 > 2,015 maka terdapat pengaruh yang signifikan antar variabel motivasi dengan kedisiplinan belajar Matematika siswa kelas VIII MTsS Syahbuddin Mustafa Nauli, maka hipotesis diterima. Nilai r2 sebesar 0.371 menunjukkan bahwa 13.76 % variabel motivasi memberikan kontribusi atau mempengaruhi kedisiplinan belajar Matematika siswa. Sebanyak 86.24% motivasi siswa dipengaruhi oleh faktorfaktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Motivasi; Kedisiplinan; Belajar Matematika; Siswa |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 04:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 04:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4002 |
Actions (login required)
View Item |