Batubara, Arman (2017) Pengaruh strategi contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan program linier di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi Program Linier terutama dalam menentukan model pertidaksamaan linier apalagi jika dalam menyelesaikan soal cerita, siswa kurang paham dalam menentukan model matematika dari soal tersebut, dan sering terbalik dalam menentukan nilai maksimum dan minimum kemudian siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran disebabkan oleh penekanan pembelajaran di kelas yang masih menekankan pada keterampilan mengerjakan soal sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuan yang dimiliki siswa sehingga hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif masih rendah, Salah satu strategi yang ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa adalah dengan menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) sebagai strategi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan program linier di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Natal. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi Contextual Teaching And Learning(CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan program linier di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Natal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest- posttest control group desaign. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas XII IPS 2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 1 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji normalitas diperoleh ( ) ( ), dapat dikatakan kedua kelas berdistribusi normal, dan untuk hasil uji-t yang diperoleh yaitu ( ) ( ), sehingga penolakan H0 dan penerimaan Ha. Artinya kemampuan kognitif siswa pada materi Program Linier menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih baik daripada kemampuan kognitif siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan program linier di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir, M.Si dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Contextual Teaching And Learning (CTL); Kemampuan Kognitif; Program Linier |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 08:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 08:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3849 |
Actions (login required)
View Item |