Parapat, Salman Khoir (2017) Pola penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan santri berasrama di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Santri tidak terlepas dari kehidupan asrama. Tujuan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada santri di pondok pesantren adalah untuk membentuk manusia yang memiliki kesadaran tinggi bahwa ajaran Islam merupakan nilai-nilai pendidikan islam yang bersifat menyeluruh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana gambaran Demografi Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan dan apa saja di maksud nilai- nilai pendidikan Islam yang menanamkan dalam kehidupan santri berasrama di Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan, dan bagaimana metode yang dilakukan pembina asrama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan santri berasrama Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan dan apa saja kendala dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan santri di Pondok Pesantren al- Hakimiyah desa Paringgonan dan apa-apa solusi yang dilakukan pembina Asrama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan santri di Pondok Pesantren al- Hakimiyah desa Paringgonan . Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang di tanamkan dalam kehidupan santri berasrama Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan, dan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan pembina asrama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan santri berasrama Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan Islam. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Pendidikan Islam yaitu mencakup nilai-nilai akidah, nilai ibadah, nilai sosial, dan nilai akhlak dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan besifat deskriptip, yaitu penelitian yang memaparkan data secara sestematis dan faktual dan akuarat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan dalam kehidupan santri berasrama di Pondok Pesantren al-Hakimiyah Desa Paringgonan meliputi nilai akidah, yaitu kepada para santri ditanamkan agar memiliki keimanan terhadap rukun iman. Nilai ibadah, kepada para santri ditanamkan sifat atau akhlakul karimah, disiplin waktu, dan rasa kebersamaan. Nilai sosial, yaitu santri ditanamkan sikap saling tolong- menolong dan saling kerja sama. Nilai akhlak, ditanamkan tentang makna akhlak kepada akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada manusia berupa akhlak kepada Rasul, akhlak kepada orangtua atau guru, akhlak kepada keluarga, akhlak kepada tetangga, dan akhlak kepada masyarakat. Sedangkan upaya yang dilakukan pembina asrama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam santri berasrama di Pondok Pesantren al-Hakimiyah desa Paringgonan, berupa mengawasi kegiatan santri mulai dari pagi sampai malam hari, memberi nasehat, arahan dan motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Nilai Pendidikan Islam; Santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 07:12 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 07:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3836 |
Actions (login required)
View Item |