Nasution, Nadya (2018) Pengembangan learning trajectory pokok bahasan bangun datar dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14.202 00017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hambatan-hambatan yang dialami siswa kelas V A di MIN 2 Padangsidimpuan ketika menyelesaikan soal-soal pada tes awal kelas IV SD/MI. Hambatan yang ditemukan antara lain siswa kurang mampu memahami konsep bangun datar dengan baik. Oleh karena itu perlu mengadakan pembaharuan dalam aktivitas belajar siswa terutama pada pokok bahasan bangun datar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana validitas learning trajectory pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan bagaimana praktikalitas learning trajectory pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Adapun tujuan pengembangan ini adalah mengetahui validitas learning trajectory pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan mengetahui praktikalitas learning trajectory pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar mengajar matematika. Dalam hal ini learning trajectory yang dikembangkan mengacu pada 7 komponen utama pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Sehingga didapatkan learning trajectory yang valid dan praktis digunakan untuk siswa MIN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Penelitian desain termasuk kedalam penelitian kualitatif. Penelitian desain adalah penelitian yang menempatkan proses perancangan sebagai strategi untuk mengembangkan suatu lintasan belajar. Learning trajectory yang dirancang divalidkan oleh 3 orang validator. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi dari dari 3 validator diperoleh nilai 76,52% dengan kategori valid. Praktikalitas learning trajectory yang diperoleh dari observasi yang dilakukan terhadap aktivitas siswa dari pertemuan yaitu 63,875%, 76,875%, dan 79,5%. Penggunaan waktu yang digunakan sudah cukup serta hasil nilai angket yang diperoleh adalah 85,77% dengan kategori praktis. Dengan demikian diperoleh bahwa pengembangan learning trajectory pokok bahasan bangung datar dengan pendekatan kontekstual di MIN 2 Padangsidimpuan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Learning trajectory; kontekstual; validitas; praktikalitas |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 06:45 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 06:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/38 |
Actions (login required)
View Item |