Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada perusahaan Metro Cash and Credit tahun 2014-2016 Cabang Panyabungan Mandailing Natal

Harahap, Lisna Hidayanti (2017) Pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada perusahaan Metro Cash and Credit tahun 2014-2016 Cabang Panyabungan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kondisi laba suatu perusahaan merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. PT. Metro Cash and Credit melakukan aktivitas menyediakan barang-barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dalam setiap penjualan. Rumusan masalah apakah ada pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Metro Cash and Credit Panyabungan tahun 2014-2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada Metro Cash and Credit Panyabungan Tahun 2014-2015. Manfaat penelitian ini yaitu bagi peneliti, bagi perusahaan Metro Cash and Credit Panyabungan dan bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang analisis laporan keuangan yang terkait dengan harga pokok penjualan dan laba kotor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang harga pokok penjualan dan laba kotor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu laporan keuangan bulanan tahun 2014-2016 Perusahaan Metro Cash and Credit Cabang Panyabungan Mandailing Natal, dengan jumlal sampel 34 bulan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS Versi 22. Analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian yang dilakukan diperoleh hasil Uji Determinasi (R) 0,953, artinya persentase sumbangan pengaruh variabel harga pokok penjualan terhadap laba kotor adalah 95,3%, sedangkan sisanya sebesar 4,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini. Sedangkan berdasarkan Uji Signifikansi (uji-t) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel harga pokok pen jualan dengan variabel laba kotor yang dibuktikan dengan nilai taraf signifikan (0,000 > 0,05) dan thitung sebesar 25,553 ttabel sebesar 1,699, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga pokok penjualan denga variabel laba kotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Naser Hasibuan S.E, M.Si dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Harga Pokok Penjualan., Laba Kotor
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:56
Last Modified: 30 Jul 2020 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item