Siregar, Dian Nora (2017) Pengaruh intelligence quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Intelligence Quotient (IQ) dipandang sebagai bekal potensi yang akan memudahkan dalam belajar dan akan menghasilkan hasil belajar yang optimal dan menunjang prestasi belajar seseorang. Namun, pada kenyataannya ada siswa MTsN 1 Padangsidimpuan yang mempunyai inteligensi tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah. Sebaliknya ada siswa yang inteligensinya rendah, tapi meraih prestasi belajar yang relatif tinggi. Berdasarkan latar belakang masalah dimaksud, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini mengacu pada teori belajar Pieget yang menjelaskan bahwa perkembangan inteligensi seseorang dipengaruhi oleh pertambahan usia. Menurut Piaget, bertambahnya usia seorang anak menyebabkan berkembangnya struktur inteligensi yang baru, sehingga berpengaruh terhadap perubahan kemampuannya. Bila inteligensi ini tidak sering diasah maka perkembangan intelegensi anak akan terganggu, sehingga proses belajarnya tidak dapat berjalan lancar dan akan mengakibatkan prestasi belajar yang tidak memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 13 kelas sebanyak 481 siswa dan sampelnya diambil menggunakan teknik Total Sampling yaitu sebanyak 106 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment dan uji F. Berdasarkan pengelolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rxy sebesar 0,388 yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang rendah antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Koefisien determinasi (KD) sebesar 15,05%, hal ini menunjukkan bahwa Intelligence Quotient (IQ) berkontribusi sebesar 15,05% terhadap prestasi belajar. Persamaan regresinya y = a + bx = 56,87 + 0,31 x, artinya setiap perubahan skor Intelligence Quotient (IQ) sebesar satu satuan dapat diprediksikan skor prestasi belajar matematika siswa akan naik sebesar 0,31 satuan pada arah yang sama. Berdasarkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel atau 18,53 > 3,93 maka hipotesis ii diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar dan Suparni |
Keywords: | intelligence quotient (IQ); prestasi belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 01:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 01:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3772 |
Actions (login required)
View Item |