Simamora, Ummi Kalsum (2017) Pengaruh metode mind mapping terhadap komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada pokok bahasan fungsi. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran belum bervariasi atau guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sebagai metode pembelajaran dalam materi fungsi. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negri I Angkola Selatan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negri I Angkola Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini 2 kelas atau kelompok, yang dijadikan kelas eksperimen adalah kelas VIII-2 sebanyak 20 siswa dan yang dijadikan kelas kontrol adalah kelas VIII-1 sebanyak 20 siswa. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Hasil deskripsi data diperoleh nilai mean sebesar 18,80 artinya skor tingkat pencapaian nilai tersebut merupakan kategori cukup baik, maka diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan kategori cukup baik, median 19 artinya sesuai skor tingkat pencapaian nilai tersebut maka nilai tengah dari kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan kategori cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa dengan uji t-test menggunakan rumus polled varian maka didapat thitung>ttabel(18,800 > 2,02), sehingga mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha. Artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan fungsi di VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution dan Nursyaidah |
Keywords: | mind mapping; komunikasi; fungsi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 01:05 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 01:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3771 |
Actions (login required)
View Item |