Anna, Kholijah (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatife STAD dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar pecahan di kelas VII-2 SMP N. 2 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran yang cenderung monoton membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran dan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing. Dengan penggunaan model pembelajaran dan metode pembelajaran ini diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar pecahan di kelas VII-2 SMP N. 2 Siabu? , dan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing di kelas VII-2 SMP N. 2 Siabu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat beberapa tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, sampai seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing yang dilakukan, maka yang diperoleh peningkatan hasil belajar pecahan di kelas VII-2 SMP N. 2 Siabu pada setiap siklus. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut : terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Dimana pada tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 55,2; rata-rata kelas pada siklus I adalah 71, 24 dan rata-rata kelas siklus II adalah 81,32. Kemudian terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu terdapat 12 orang yang tuntas dengan persentase 48% pada tes kemampuan awal, 18 orang siswa yang tuntas dengan persentase 72% pada siklus I, 22 orang siswa yang tuntas dengan persentase 88% pada siklus ke- II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhammi dan Almira Amir |
Keywords: | Model STAD; metode penemuan terbimbing; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 13:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 13:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3767 |
Actions (login required)
View Item |