Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran matematika pada masa pubertas siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong

Yulisna, Yulisna (2017) Problematika pembelajaran matematika pada masa pubertas siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan perubahan perilaku yang di alami siswa semenjak memasuki masa pubertas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa usia pubertas diperkirakan dimulai ketika anak berusia 9-16 tahun, dan siswa kelas VIII sedang mengalami usia tersebut. Siswa kurang konsentrasi, tidak fokus, menjadi pembosan serta pemalu, akibatnya perilaku yang timbul akibat periode pubertas yang dialami siswa membuat siswa mengalami perubahan perilaku yang dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kondisi objektif pembelajaran Matematika pada masa pubertas siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong dan apa saja problematika pembelajaran Matematika pada masa pubertas yang dialami oleh siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami dengan utuh situasi dan kondisi problematika dalam proses pembelajaran Matematika pada masa pubertas siswa kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong. Setelah itu menganalisis kategori problematika pembelajaran matematika pada masa pubertas siswa kelas VIII Mts S Nurul Islam Hapesong. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran kondisi objektif pembelajaran Matematika pada masa pubertas adalah dalam proses pembelajaran guru masih kurang menguasai materi, guru tidak kreatif dalam memilih metode, dan sumber belajar yang tidak bervariasi sehingga membuat potensi sifat bawaan akibat masa pubertas menjadi muncul sehingga siswa tidak bersemangat untuk belajar matematika. Selanjutnya problematika pembelajaran Matematika pada masa pubertas adalah siswa menjadi inkoordinasi dan memiliki perasaan ingin menyendiri, variasi kondisi kejiwaan, menjadi pembosan, antagonisme sosial, emosi meninggi, hilang kepercayaan diri, rasa mulai tertarik pada lawan jenis dan pengaruh sosial media. Sifat-sifat bawaan yang muncul seiring datangnya masa pubertas menjadi problematika dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII MTs S Nurul Islam Hapesong yang jika terus dibiarkan akan memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar Matematika siswa serta menghambat kelancaran proses pembelajaran Matematika di kelas VIII MTs S Nurul Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir,M.Si dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Problematika, Matematika, Pubertas
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:37
Last Modified: 28 Jul 2020 04:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item