Nasution, Marito Febriani (2017) Penggunaan media powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar matematika mengenai materi peluang studi terhadap siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Batang Angkola). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada Materi Peluang. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Matematika siswa tersebut adalah karena penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariatif. Pada saat pembelajaran yang mengakibatkan guru lebih mendominasi pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan hasil belajar Matematika siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Batang Angkola mengenai Materi Peluang dan untuk mengetahui apakah penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Batang Angkola terhadap pelajaran Matematika Materi Peluang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes. Dalam penelitian ini yang menjadi setting penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Batang Angkola dan subjek penelitian adalah Kelas XI IPA-1 yang berjumlah 28 siswa, yaitu 23 siswa perempuan dan lima siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan penggunaan media powerpoint. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar Matematika siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum siklus hasil belajar siswa masih rendah, hal tersebut terbukti dengan masih banyak siswa yang belum tuntas serta siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Jumlah siswa yang tuntas hanya tujuh siswa (25%) dari 28 siswa keseluruhan. Pada siklus I siswa sudah lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa yang tuntas menjadi 13 siswa (46,42%) dari 28 siswa. Pada siklus II siswa semakin aktif dalam pembelajaran yang dilakukan, baik dalam hal penyampaian pendapat, mengajukan pertanyaan, memberikan sanggahan serta antusias belajar siswa juga lebih semangat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi sebanyak 22 siswa (78,57%) dari 28 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Agus Salim Daulay dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | Media powerpoint; hasil belajar matematika; peluang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 03:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 03:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3689 |
Actions (login required)
View Item |