Daulay, Elya Marlyani (2017) Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola yang berjumlah 192 orang, yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas dengan teknik sampel secara Cluster Sampling yaitu kelas eksprimen VIII2 dan kelas eksprimen VIII3 dengan jumlah siswa masing-masing 40 dan 38 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji F dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan berdasarkan nilai mean kedua model ini mempunyai perbedaan. Mean untuk kelas eksprimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) 63,8, sedangkan untuk kelas eksprimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) 62,23. Tetapi setelah perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 0,760, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,98, sehingga didapatkan thitung < ttabel (0,760 < 1,98) artinya hipotesis yang diterima adalah H0 yaitu tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksprimen menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan kelas eksprimen menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Zulhimma S.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Perbandingan hasil belajar menggunakan Student Teams Achievement Division (STAD); Think Pair Share (TPS); Pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3686 |
Actions (login required)
View Item |