Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah

Lubis, Devi Anggriani (2018) Pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah, akibat kurangnya minat belajar siswa yang diakibatkan sebagian besar siswanya sibuk bekerja membantu orang tua untuk dapat memenuhi biaya pendidikan mereka. Kesibukan itu membuat siswa jadi malas mengerjakan PR dan mengulang-ulang pelajaran di rumah. Penelitian ini mengacu pada teori belajar Behavioristik, yang mengatakan bahwa belajar adalah suatu kontrol instrumental yang berasal dari lingkungan. Pandangan psikologi sosial secara mendasar juga mengungkapkan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses alami. Semua orang mempunyai keinginan untuk belajar tanpa dapat dibendung oleh orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex-post facto. Dimana ex-post facto secara harfiah berarti “sesudah fakta”, karena kausa atau sebab yang diselidiki tersebut sudah berpengaruh terhadap variabel lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu teknik pengambilan sampel bila populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Pengujian uji t diperoleh uji hipotesis pertama Fhitung>Ftabel (5,318>3,23) dan signifikansi<0,05 (0,026<0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar; dan uji hipotesis kedua Fhitung>Ftabel (4,574>3,23) dan signifikansi<0,05 (0,038<0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Pengujian uji F diperoleh uji hipotesis ketiga yang menunjukkan Fhitung>Ftabel (4,774>3,23) dan signifikansi<0,05 (0,014<0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar matematika siswa pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Lingkungan Keluarga; Minat Belajar; Hasil Belajar Matematika; Perbandingan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:13
Last Modified: 22 Jul 2020 08:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item