Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V DI SD Negeri 200510 Goti Kota Padangsidimpuan

Nuranisah, Nuranisah (2018) Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V DI SD Negeri 200510 Goti Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (939kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SD Negeri 200510 Goti Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 200510 Goti Kota Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini ialah untuk menambah wawasan dan memperjelas cakrawala pengetahuan mengenai hubungan minat belajar matematika, motivasi belajar matematika, dengan hasil belajar matematika. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah toeri-teori yang berkaitan dengan minat belajar matematika, motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika. Aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yakni suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 36 orang siswa, dan metode pengambilan sampel yaitu boring sampling yang berjumlah 36 orang siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket terhadap minat belajar dan motivasi belajar dan nilai raport matematika untuk hasil belajar matematika, kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment, dan analisis regresi ganda dan Uji F dengan bantuan aplikasi SPSS 17.0. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil korelasi pada minat belajar dengan hasil belajar matematika diperoleh yaitu 0,436 > 0,329, artinya terdapat hubungan yang signifikan. Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika diperoleh yaitu 0,486 > 0,329 artinya terdapat hubungan yang signifikan, dan korelasi antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika diperoleh yaitu 5,366 > 3,284, maka hipotesis diterima/disetujui, Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara nimat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SD Negeri 200510 Goti Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Harawati Daulae, M.A dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Minat Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:52
Last Modified: 21 Jul 2020 03:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3642

Actions (login required)

View Item View Item