Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lintasan belajar dalam pembelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistikdi kelas VIIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Wahyuni, Wahyuni (2018) Pengembangan lintasan belajar dalam pembelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistikdi kelas VIIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi relasi dan fungsi, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan relasi dan fungsi. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep relasi dan fungsi, sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa lintasan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa pada pembelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa pada pembelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain (design reseacrh) tipe validation study. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Padangsidimpuan dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII-2 berjumlah 41 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dikatakan valid dengan nilai rata-rata 81 dari analisis 3 validator. 2) praktis dengan nilai rata-rata 85 dari angket respon siswa, terlaksananya keenam komponen pendekatan pendidikan matematika realistik dalam proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari relasi dan fungsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Lintasan Belajar; Relasi; Fungsi; Pendidikan Matematika Realistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:03
Last Modified: 21 Jul 2020 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item