Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 2 Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Masitoh (2018) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 2 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, bahwa dilihat dari hasil ketuntasan nilai matematika siswa kelas VIII-2 belum mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 75, selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan model pembelajaran CTL. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan model Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII-2 SMP N 2 Barumun Kabupaten padang lawas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dengan subjek penelitian kelas VIII-2 yang berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat. Persentase siswa yang tuntas kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus I sampai siklus II, yaitu: siklus I pertemuan ke-1 persentase siswa yang tuntas dari 56,78% meningkat lagi di pertemuan ke-2 persentase siswa yang tuntas menjadi 66,67%, kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 persentase siswa yang tuntas dari 72,76% meningkat lagi pada pertemuan ke-2 menjadi 85,90%. Sesuai dengan indikator tindakan penelitian ini hasil yang diperoleh sudah melewati nilai rata-rata yang telah ditentukan yaitu nilai rata-rata 75 sampai siklus II pertemuan 2 yaitu 83,76% dengan persentase siswa yang tuntas 85,90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah; Lingkaran.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:47
Last Modified: 21 Jul 2020 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item