Ruslan, Ruslan (2018) Peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar siswa melaui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran dan bagaimana upaya peningkatan aktivitas belajar siswa melaui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan motivasi belajar siswa melaui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran dan upaya peningkatan aktivitas belajar siswa melaui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan tindakan. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh untuk dikumpulkan langsung di lapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan melaui penggunaan metode bervariasi secara bertahap, dimana pada tahap pra siklus peneliti melakukan proses pembelajaran dengan metode yang biasa diterapkan oleh guru bidang studi, yang mengakibatkan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik masih kurang meningkat, dan pada tahap siklus I peneliti melakukan tindakan dengan memulai menerapkan metode dan media pembelajaran bervariasi yang menjadikan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam mulai meningkat, dan pada tahap siklus II proses pembelajaran mulai ternikmati oleh peserta didik, karena guru mata pelajaran pendidikan agama Islam sudah mulai aktif dalam menerapkan metode dan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran yang hasilnya dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi adalah dengan upaya penerapan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga motivasi dan aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | PTK; motivasi dan aktivitas belajar siswa; metode bervariasi; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 01:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 01:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3609 |
Actions (login required)
View Item |