Sihotang, Aulia Isma Yuni (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media grafis terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segi empat di Kelas VII MTs Negeri Model Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14.202 00036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas VII MTs Negeri Model Padangsidimpuan disebabkan dalam proses pembelajaran guru belum mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran masih rendah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjawab permasalahan-permasalahan matematika terutama pada materi bangun datar segiempat yang menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media grafis terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segiempat di kelas VII MTs Negeri Model Padangsidimpuan. Penelitian ini mengacu pada teori perkembangan Piaget yang menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses dimana anak secara aktif membangun sistem makna dan pemahaman realitas melalui pengalaman-pengalaman dan interaksi-interaksi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen menggunakan model Pretest-Posttest Control Grup Desain. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Negeri Model Padangsidimpuan yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 418 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling yaitu 76 siswa. Sampel di kelompok eksperimen yang diberi perlakuan 38 siswa dan kelompok kontrol yang ridak diberi perlakuan 38 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-T. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > tabel yaitu 4,636 > 1,993. Maka diambil kesimpulan H1 diterima, artinya ada pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media grafis terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII MTs Negeri Model Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Match; Media Grafis; Hasil Belajar; Matematika; Segiempat. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 07 Dec 2019 03:01 |
Last Modified: | 07 Dec 2019 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/36 |
Actions (login required)
View Item |