Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap percetakan Alta Grafika Aek Tampang Padangsidimpuan

Lubis, Longgasari (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap percetakan Alta Grafika Aek Tampang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat yang menggunakan jasa percetakan Alta Grafika Aek tampang Padangsidimpuan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun masih terdapat beberapa individu yang masih kurang mengetahui percetakan alta Grafika seperti apa dan produk apa yang dihasilkannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor apa sajakah yang dapat membentuk persepsi pelanggan. Penelitian ini mengangkat teori dari Zeithalm, Valeria A. and Bitner dalam bukunya yang berjudul Services Marketing dimana dalam bukunya menyatakan ada 4 faktor yang mempengaruhi persepsi pelanggan, faktor Individual Need, Word of Mouth, Past Experience, Eksternal Communication. Namun dalam penelitian ini yang menjadi variabel independennya hanya 2 yaitu: faktor Word of Mouth dan Eksternal Communication. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data yang diolah dengan menggunakan SPSS 22. Data yang diolah dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji f). Kemudian uji analisis regresi berganda dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian variabel faktor Word of Mouth secara parsial tidak berpengaruh terhadap persepsi pelanggan. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian uji hipotesis bahwa variabel faktor Word of Mouth memiliki thitung < ttabel (-0,662 < 1.669). Dan variabel faktor komunikasi eksternal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap persepsi pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa variabel faktor komunikasi eksternal memiliki thitung > ttabel (10.903 > 1.669). maka H0 ditolah dan Ha diterima. Kemudian variabel Word of Mouth dan komunikasi eksternal secara simultan berpengaruh terhadap persepsi pelanggan dengan hasil Fhitung > Ftabel (59,819 > 2,78) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari uji determinasi diperoleh R square sebesar 64,9% ditentukan oleh faktor Word of Mouth dan komunikasi eksternal dan sisanya 35,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Jumi Atika, M.E.I
Keywords: Jasa Percetakan., Produk., Persepsi Pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:31
Last Modified: 21 Jul 2020 02:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item