Nasution, Arifin (2018) Manajemen pelayanan ibadah umrah di pt. multazam wisata agung Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1430400002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penilitian ini adalah PT.Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan merupakan travel yang telah banyak memberangkatkan jama’ah ke tanah suci dalam rangka ibadah Umrah. Masyarakat terlihat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pihak pengelola PT Multazam Wisata Agung Kota Padangsidimpuan. Dari latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi rumusan masalah yaitu: bagaimana manajemen pelayanan ibadah Umrah saat pemberangkatan,bagaimanamanajemen pelayanan ibadah Umrah pada saat pelaksanaan, dan bagaimana manajemen pelayanan ibadah Umrah pada saat pemulangan? dengan tujuan untuk mengetahui;bagaimana manajemen pelayanan ibadah Umrah saat pemberangkatan, pada saat pelaksanaan, saat pemulangan di PT. Multazam Wisata Agung Padangsidimpuan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini berjenis penelitian kualitatif,dengan pendekatan deskriptif yaitu gambaran keadaan objek yang diteliti pada saat sekarang. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: Manajemen pelayanan ibadah umrah saat pemberangkatan terdiri dari: Fasilitas yang diberikan meliputi; Fasilitas dan penetapan kordinator dan pembimbing sebelum pemberangkatan terdiri dari: Segala urusan pendaftaran, buku panduan khusus, tas coper, tas tempat passport, bagasi 20 kg dan zam-zam 5 kg, dan tambahan bagasi dibicarakan tersendiri. Manajemen kinerja sebelum dan saat pemberangkatan jama’ah meliputi: penyampaian berbagai materi/doa-doa pada saat manasik, mengontrol dan menginformasikan barang apa saja yang boleh dibawa oleh jama’ah. Sedangkan manajemen pelayanan ibadah umrah pada saat pelaksanaan ibadah umrah terdiri dari: pemandu dan fasilitas dalam pelaksanaan; fasilitas hotel baik di Mekkah maupun Madinah, manasik umrah 5-7 kali tergantung waktu pemberangkatan. semenara pelayanan saat pelaksanaan umrah yakni; pembimbing jama’ah dalam niat umrah saat dipesawat, memberikan Id Card tanpa terkecuali, seluruh pelaksanaan dibimbing oleh Mutowwif. Selanjutnya manajemen pelayanan ibadah umrah saat pemulangan jama’ah meliputi: Fasilitas yang disediakan saat pemulangan jema’ah yakni; memperkirakan bus (transportasi), kelebihan bagasi yang berkeinginan menambah bagasi, dan transportasi antisipasi. Sedangkan pelayanan yang diterapkan saat pemulangan yakni; absensi terhadap setiap jama’ah, melayani dalam mengangkat barang-barang bawaan jama’ah, dan mengingatkan jama’ah agar jangan lupa barang-barang. Dengan demikian manajemen pelayanan yang dilakukan pihak PT. Multazam Wisata Agung cabang Padangsidimpuan tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Maslina Daulay, MA |
Keywords: | Manajemen Pelayanan; Ibadah Umrah |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080709 Social and Community Informatics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 03:54 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 03:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3528 |
Actions (login required)
View Item |