Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis daya saing sepeda motor merek Honda dan Yamaha : studi kasus pada konsumen di Desa Pasar Baru Malintang Kecamatan Bukit Malintang

Hakim, Mhd. (2020) Analisis daya saing sepeda motor merek Honda dan Yamaha : studi kasus pada konsumen di Desa Pasar Baru Malintang Kecamatan Bukit Malintang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang trasportasi seperti sepeda motor, bersaing dan berlomba-lomba menawarkan produknya. Masing-masing perusahaan memberikan keunggulan yang terbaik dari produk yang ditawarkan kepada konsumen, agar perusahaan tersebut dapat merebut pasar. Dimata konsumen produksi sepeda motor yang mempunyai kualitas dari segi, harga, kualitas, dan atribut produk kembali menjadi faktor-faktor pendukung dalam menentukan pilihan mereka. Perusahaan harus memperhatikan, memahami, dan menanggapi dengan cepat perubahan dan keinginan konsumen untuk dapat menjadi pemenang dalam persaingan yang ketat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan persaingan antara sepeda motor merek Honda dengan sepeda motor Yamaha dilihat dari harga produk, kualitas, dan atribut produk. Teori pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga produk, kualitas produk merupakan cara untuk bersaing merebut pasar, dan atribut produk seperti desain, fitur, merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melalui pendekatan riset kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen sepeda motor Honda dan konsumen sepeda motor Yamaha. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih dengan cara sengaja dari anggota populasi yang anggap dapat memberikan informasi yang diperlukan penulis, maka terpilih 60 orang sampel. Kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 23. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji beda, antara objek yang pertama dengan objek yang kedua. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, deskriptif statistic, homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji Mann-whitney. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian yang dilakukan, terdapat perbedaan daya saing sepeda motor Honda dengan sepeda motor Yamaha dilihat dari sikap konsumen dalam menilai produk sepeda motor di masyarakat desa Pasar Baru Malintang Kecamatan Bukit Malintang. Terdapat perbedaan daya saing antara sepeda motor Honda dengan sepeda motor Yamaha dari segi harga, kualitas, dan atribut produk pada konsumen di masyarakat. Diketahui hasil uji rank rata-rata sepeda motor Honda lebih tinggi dibandingkan dengan rank rata-rata sepeda motor Yamaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, M.M. dan H. Ali Hardana, M.Si
Keywords: Harga., Kualitas., Atribut., Daya Saing Produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:37
Last Modified: 20 Jul 2020 01:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item View Item