Kurniawati, Dedek (2014) Analisis pembelajaran berorientasi aktivitas mahasiswa dengan metode diskusi pada mahasiswa jurusan pendidikan agama islam (semester IV PAI 1-7) di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode diskusi dalam pembelajaran yang berorientasi aktivitas mahasiswa Jurusan Pendidikan agama Islam (Semester IV PAI 1-7) di IAIN Padangsidimpuan, Mengapa mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Agama Islam (semester IV PAI 1-7) kurang aktif berdiskusi , apa hambatan-hambatan yang dihadapi dosen, dan bagaimana solusi yang dilakukan dosen dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan metode diskusi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: penerapan metode diskusi, faktor penyebab mahasiswa kurang berperan aktif dalam diskusi, hambatan-hambatan yang dihadapi dosen, solusi yang dilakukan dosen dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan metode diskusi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, yang bertempat di Jl.H. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian sebagai sumber data peneliti yaitu berasal dari sumber data primer yakni dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam semester IV ruangan PAI 1-7. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode diskusi yang berorientasi aktivitas mahasiswa yang dilakukan dosen pada umumnya dilakukan dengan kegiatan metode diskusi kerja kelompok dan melakukan tanya jawab antar mahasiswa dan kepada dosen. Kemudian faktor penyebab mahasiswa kurang berperan aktif yaitu kurang keberanian untuk berbicara, kurang menguasai materi pelajaran, tidak ada motivasi belajar, kurang membaca buku,dan faktor keluarga. Sedangkan faktor mahasiswa berperan aktif yaitu memiliki keberanian untuk berbicara, menguasai materi, memiliki motivasi belajar yang tinggi. Selanjutnya hambatan yang dihadapi dosen yaitu tidak ada umpan balik dari mahasiswa dan materi pelajaran yang sulit, juga sedikitnya waktu yang diberikan. Solusi yang diberikan dosen yaitu memberikan motivasi dengan memberikan nilai kepada mahasiswa yang aktif, kepada mahasiswa yang pemalu diberikan nasehat dan pengarahan. Mengawasi pelaksanaan diskusi dan memberikan tugas kepada mahasiswa yang ribut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs.H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dra. Asnah, M.A |
Keywords: | Pembelajaran aktivitas mahasiswa; Metode diskusi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 04:14 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 04:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3495 |
Actions (login required)
View Item |