Hasibuan, Nurbaiti (2014) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0157.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan bahasa Arab yang ada pada diri santri, sangatlah dipengaruhi oleh strategi guru dalam pembelajaran bahasa Arab, itulah sebabnya guru bahasa Arab harus mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri. Maka inilah yang terjadi di pondok pesantren Darul Ulum Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri dan untuk mengetahui usaha-usaha apa yang dilakukan guru mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif/field research (riset lapangan), dan instrumen pengumpulan datanya dengan dokumentasi, obsevasi, wawancara kepada para guru dan santri. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa strategi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri supaya mahir dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab yang benar ialah dengan menggunakan stategi yang baik, adapun strategi yang dilaksanakan guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Ulum Sipaho ialah menggunakan strategi Jigsaw (bevariasi). Strategi ini sudah menggabungkan kemampuan dalam bahasa Arab yaitu: kemampuan membaca, menulis, mendengarkan dan bercakap-cakap. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab ada yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal, 1. Faktor internal: a) minat dan motivasi santri, b) malas, c) tingkat IQ, d) sifat lupa. 2. Faktor eksternal: a)waktu menghafal mufradat kurang, b) kurangnya strategi guru dalam memberikan setoran hafalan mufradhat (kosa kata), c) kurangnya motivasi dari pihak sekolah, d)banyaknya bidang studi (mata pelajaran) yang dipelajari oleh santri. Sedangkan usaha-usaha guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri yaitu a). meningkatkan minant santri, b) memberikan hukuman c) memberikan kegiatan tambahan (Ekstrakulikuler) usaha ini bisa dikategorikan sudah berhasil dalam berkomunikasi denagan menggunakan bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Strategi guru; Kemampuan bahasa arab santri; Pondok Pesantren Darul Ulum Sipaho |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 03:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 03:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3486 |
Actions (login required)
View Item |