Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode pq4r di kelas V SD Negeri 0510 Sihiuk

Hasibuan, Siti Hasanah (2015) Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode pq4r di kelas V SD Negeri 0510 Sihiuk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0510 Sihiuk. Operasi hitung bilangan bulat merupakan salah satu komponen matematika yang sangat penting dan mendasar yang harus dipahami setiap siswa, tetapi siswa kelas V SD Negeri 0510 Sihiuk masih kurang memahami konsep dari pokok bahasan tersebut. Di lokasi ini guru tidak menggunakan metode PQ4R dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode PQ4R di kelas V SD Negeri 0510 Sihiuk. Kemudian yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode PQ4R di kelas V SD Negeri 0510Sihiuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penlitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 0510 Sihiuk. Instrument penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis reduksi data dan ketuntasan klasikal. Penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. Setiap pertemuan kemampuan kognitif siswa semakin meningkat. Selain peningkatan kemampuan kognitif siswa peneliti juga memperhatikan peningkatan penguasaan materi dan ketuntasan belajar siswa. Pada tes kemampuan awal diperoleh nilai persentase ketuntasan siswa 5,40%. Pada siklus I pertemuan I nilai persentase ketuntasan 29,73%. Pada pertemuan II, nilai persentase ketuntasan 40,54%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan terjadi dengan sangat pesat, yaitu pada pertemuan I persentase ketuntasan 72,97% dan pertemuan II meningkat lagi dengan persentase ketuntasan 83,78%. Kata kunci: Kemampuan Kognitif Siswa, Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat, Metode PQ4R

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si.,M.Pd dan Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag
Keywords: Kemampuan Kognitif Siswa; Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat; Metode Pq4r
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:53
Last Modified: 14 Jul 2020 08:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item