Ritonga, Pitriani (2014) Usaha guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa SMP Negeri I Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana, usaha guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa SMP Negeri I Angkola Selatan Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana bentuk perilaku negatif siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan, apa faktor-faktor yang menyebabkan perilaku negatif siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan, bagaimana usaha guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku siswa SMP Negeri I Angkola Selatan, faktor-faktor penyebab perilaku negatif siswa, dan bagaimana usaha guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa SMP Negeri I Angkola Selatan. Untuk mengetahui tujuan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun alat dalam pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh gambaran bahwa siswa di SMP Negeri I Angkola Selatan terdapat sejumlah siswa yang memiliki perilaku yang kurang baik dilingkungan Sekolah, seperti, buang sampah sembarangan, membolos, terlambat masuk kelas, tidak berpakaian rapi, tidak mengerjakan tugas, berbohong, mencuri barang milik temannya, bercakap kotor dan membuat keributan dalam lingkungan sekolah. Adapun faktor penyebab perilaku negatif siswa terdapat beberapa faktor di antaranya: faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah, faktor latar belakang siswa yang kurang baik yang dapat mempengaruhi perilaku siswa lainnya. Berbagai usaha yang dilakukan baik melalui: usaha preventif seperti membuat peraturan-peraturan tata tertib sekolah serta memberikan surat panggilan orangtua bagi yang melanggar peraturan, pembinaan perilaku siswa seperti melalui nasehat, maupun melalui pemberian peringatan, mengadakan siraman rohani setiap pagi sebelum masuk kelas, memberikan perhatian khusus bagi siswa yang bermasalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Ali Amran, S.Ag, M.Si. |
Keywords: | Guru; Perilaku Negatif Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 04:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3422 |
Actions (login required)
View Item |