Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan

Nasution, Syafri Martabe Rizka (2014) Pengaruh penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terhadap Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Di IAIN Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu Berdasarkan teori bahaviorisme, dengan adanya stimulus yang kuat maka respon yang dihasilkan akan tinggi. Teori ini di reduksi dalam konteks pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan, bahwa dengan pemberian stimulus yang kuat (pemberian tugas) dari dosen maka respon (prestasi belajar) mahasiswa akan tinggi. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu Bagaimanakah gambaran penggunaan metode pemberian tugas pada Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan, Bagaimanakah gambaran indeks prestasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan, dan Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terhadap Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Di IAIN Padangsidimpuan”. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan istrumen penelitian, analisis data bersifat statistik deskriptif dan statistik inferensisal, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata apakah terdapat pengaruh antara penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berjumlah 938 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Random Sampling sebab keseluruhan populasi mengalami pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas. Sampel yang terambil adalah 10% dari populasi yaitu sebanyak 93,8 dibulatkan menjadi 94 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam di IAIN Padangsidimpuan sebesar 0,789. Untuk menguji hipotesis, maka nilai r hitung (rxy) dikonsultasikan kepada r tabel (rt), yaitu N-nr = 94 – 2 = 92. Pada tabel “r” Product Moment ditemukan nilai r tabel (rt) untuk df = 92 pada tingkat kepercayaan 5% sebesar 0,207. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan metode pemberian tugas terhadap indeks prestasi mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam di IAIN Padangsidimpuan ”diterima karena r hitung (rxy = 0,789> rt = 0,207). Artinya semakin banyak penggunaa nmetode pemberian tugas yang diberikan oleh dosen maka akan semakin baik indeks prestasi mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam di IAIN Padangsidimpuan. Selanjutnya dalam pengujian signifikansi perhitungan yang diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis dan Akhiril Pane
Keywords: Pengaruh; tugas; IPK
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:32
Last Modified: 14 Jul 2020 07:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item