Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Proses pembelajaran PAI (pendidikan agama Islam) di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan

Rambe, Muhammad Nasir (2014) Proses pembelajaran PAI (pendidikan agama Islam) di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam kurang memperhatikan tentang pemilihan dan penggunaan metode yang tepat dan bervariasi saat proses belajar mengajar berlangsung. Pada saat pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam menggunakan metode yang monoton atau menggunakan satu metode saja dalam pembelajaran berlangsung. Hal ini membuat siswa-siswi kurang antusias, mudah jenuh, tidak bersemangat, malas untuk mengikuti pembelajaran, bahkan ada siswa-siswi yang absen mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, dokumentasi, kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah Kompetensi yang dimilki guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan cukup baik. Materi baik, tapi perlu ditingkatkan kemampuan menyampaikan materi dan dibidang teknologi. Kurikukulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan adalah kurikulum berpusat pada mata pelajaran (separate subject curriculum). Artinya dari sejumlah mata pelajaran sudah diatur dan direncanakan, materi apa saja yang terkandung dalam mata pelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan perlu peningkatan karena masih banyak menggunakan media tradisional. Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan belum begitu bagus, hal ini bisa dilihat dari keaktifan dan pemehaman siwa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan baik. Problematika dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan adalah kurangnya kedisiplinan guru. Perbedaan karakteristik siswa dan dukungan orangtua, seperti perbedaan minat siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam, dan sebahagian siswa belum bisa membaca Alqur’an. Sementara mengenai fasilitas, masih kekurangan, dan buku yang dipakai tahun 2005/kekurangan buku, alat peraga/media pembelajaran tidak lengkap. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menanggulangi problematika dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, upaya-upaya yang dilakukan guru agama dan kepala sekolah dapat memberikan rangsangan kepada siswa dan menarik minat siswa kepada pelajaran agama Islam, dan supaya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. M. Idrus Hasibuan, M.Pd dan Drs. Samsuddin, M.Ag.
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:54
Last Modified: 14 Jul 2020 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item