Najamuddin, Najamuddin (2019) Analisis kurikulum mata pelajaran tarikh pada Pondok Pesantren Darul Ulum Muaramais Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang pengkajian tentang pengembangan kurikulum mata pelajaran Tarikh yang sedang berlangsung di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muaramais. Fokus penelitian ini adalah analisis kurikulum di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum pada mata pelajaran Tarikh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kurikulum mata pelajaran Tarikh di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muaramais. Untuk mengetahui kurikulum Tarikh di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muaramais apakah sesuai dengan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), indikator dan tujuan yang ditetapkan. Untuk mengetahui kurikulum Tarikh di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muaramais apakah sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum mata pelajaran Tarikh di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muaramais Metode penelitian ini adalah kombinasi antara studi kasus dan analisis isi (content analysis). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan informan penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclustion). Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan dengan baik, (1) Kurikulum mata pelajaran Tarikh pondok pesantren Darul ‘Ulum Muaramais belum dilaksanakan dengan baik, sehingga terjadi pembelajaran yang tumpang tindih, dan transpormasi ilmu pengetahuan khususnya mata pelajaran Tarikh masih banyak yang tidak sampai. (2) Kurikulum mata pelajaran Tarikh pondok pesantren Darul ‘Ulum Muaramais belum dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), sebab guru sendiri tidak memiliki silabus dan RPP. (3) Kurikulum mata pelajaran Tarikh pondok pesantren Darul ‘Ulum Muaramais belum dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, terutama pada berorientasi pada tujuan, efesiensi penggunaan waktu dan sumber belajar, kontiniunitas, dan berorientsi pada mutu. Sehingga terjadi pembelajaran yang tumpang tindih, dan transpormasi ilmu pengetahuan khususnya mata pelajaran Tarikh masih banyak yang tidak sampai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum tarikh |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 09:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 09:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |