Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan Prestasi belajar mahasiswa yang kos dan yang tidak kos Jurusan Tadris/Pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan

Dewi, Nurmala (2017) Perbandingan Prestasi belajar mahasiswa yang kos dan yang tidak kos Jurusan Tadris/Pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun permasalahan pada penelitian ini dapat dilihat bahwa prestasi belajar mahasiswa yang kos lebih rendah di bandingkan dengan mahasiswa yang tidak kos. Hal ini dapat dilihat dari kartu hasil semester (KHS) mahasiswa itu sendiri, padahal jika dilihat dari kesempatan belajar mahasiswa yang kos lebih banyak waktunya untuk belajar dari pada mahasiswa yang tidak kos. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa yang kos dan yang tidak kos jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah (FTIK) dan ilmu kegeruan angkatan 2014 IAIN Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu mencari perbandingan prestasi belajar mahasiswa dengan menggunakan bukti IP yang dilihat dari KHS mahasiswa itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Sehingga populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Tadris Matematika semester VI angkatan 2014 IAIN Padangsidimpuan. Jumlah keseluruan mahasiswa 154 dan yang kos 100 mahasiswa, yang tidak kos hanya 54 mahasiswa sihingga diambil sampel yang sesuai dengan jumlah mahasiswa yang tidak kos, sehingga dapat dilihat perbandingannya. Hasil penelitian di IAIN Padangsidimpuan dalam hal ini dilakukan pada mahasiswa angkatan 2014, bertepatan dengan semester genap tahun akademik 2016/2017, bahwa mahasiswa yang tidak kos mempunyai Indeks Prestasi (IP) rata-rata prestasi belajar = 3,31, sedangkan mahasiswa yang kos mempunyai rata-rata 2,96 prestasi belajar yang sangat cukup dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang tidak kos dan yang kos. Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar mahaiswa yang tidak kos dan yang kos. Perbedaan tersebut dapat dilihat bahwa prestasi belajar mahasiswa yang kos lebih rendah dibandingkan dengan prestasi belajar mahasiswa yang tidak kos, dapat juga dilihat dari tabel hasil analisis penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perbandingan prestasi belajar; Mahasiswa yang kos dan kang tidak kos
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2020 13:08
Last Modified: 07 Jul 2020 13:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item