Siregar, Sry Rahayu (2017) Peningkatan disposisi dan hasil belajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran komputer pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya disposisi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan materi lingkaran sehingga siswa membutuhkan adanya perantara atau media agar materi pelajaran tampak konkrit bagi siswa. Disamping itu dengan penggunaan media powerpoint ini diharapkan dapat mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini adalah tentang penggunaan media powerpoint di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Sesuai dengan latar belakang di atas yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan disposisi dan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa 27 orang. Kemudian instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes bentuk uraian sebanyak 5 butir soal dan di dukung oleh lembar observasi siswa. Dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah sebanyak dua siklus. Dalam satu siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Adapun tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan disposisi dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media powerpoint pada materi lingkaran di kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan disposisi siswa yaitu pada siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 26,57% meningkat menjadi 42,85%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 62,85% meningkat menjadi 69,71%. Selain itu persentase hasil belajar yang diperoleh siswa yang tuntas pada prasiklus yaitu 14,81% kemudian siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2 yaitu 25,92% meningkat menjadi 44,44% dan siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2 yaitu 62,96% meningkat menjadi 77,77%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Powerpoint; Disposisi dan Hasil Belajar Matematika Siswa; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 04:23 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3203 |
Actions (login required)
View Item |