Nasution, Lasma Khairani (2018) Diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan faktorisasi suku aljabar di Kelas VIII MTsN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14.202 00012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat proses pembelajaran materi faktorisasi suku aljabar, guru mengharapkan agar siswa dapat memahami dan menguasai pemfaktoran bentuk aljabar, operasi hitung pada bentuk aljabar, menyederhanakan bentuk aljabar dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar siswa tidak mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal mengenai faktorisasi suku aljabar. Dan yang paling penting adalah siswa harus menggunakan ketelitiannya dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, karena dengan mengabaikan ketelitian maka akan menimbulkan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal faktorisasi suku aljabar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa pada materi faktorisasi suku aljabar, dan mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII MTsN Sibuhuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, dimana dalam penentuan subjeknya dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan faktorisasi suku aljabar jika dilihat berdasarkan jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kesalahan strategi, kesalahan terjemahan, kesalahan konsep, kesalahan hitung, kesalahan tanda. Kemudian penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan faktorisasi suku aljabar yaitu siswa tidak mengetahui jalan untuk menyelesaikan soal yang diberikan, siswa tidak memahami pemfaktoran bentuk aljabar, siswa salah dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang ada, siswa tidak memahami perintah soal, siswa kurang dalam memahami penyampaian materi dari guru, kemudian kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal mengenai faktorisasi suku aljabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Diagnosis; Kesalahan;Faktorisasi Suku Aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 00:39 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 00:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/32 |
Actions (login required)
View Item |