Ritonga, Hasdiana (2017) Kemampuan profesional guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Angkola Barat Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini menjelaskan kemampuan profesional guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, menjelaskan keterampilan profesional guru dalam proses belajar Pendidikan Agama Islam, menjelaskan problematika yang ditemui guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam mengatasi problematikadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Teori pendukung mengenai profesional guru yaitu orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatih yang ditekuni. Sehingga mampu melakukan tugas, bertanggung jawab terhadap pendidikan dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal, dan proses pembelajaran yaitu mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan kreativitas siswa. Metode penelitian ini menggunakan 1. pendekatan kualitatif 2. menggunakan field research di lapangan dan 3. menggambarkan secara deskriptif dan teknik pengumpulan data yang diambil adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan langkah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Empat hal yang menjadi jawaban Rumusan Masalah dapat disimpulkan yaitu : Kemampuan profesional guru dalam proses pembelajaran Pedidikan Agama Islam ditinjau dari segi pelaksanaan pelajaran guru memulai pembelajaran dengan membaca doa. Guru juga menguasai strategi, metode, media, keterampilan, evaluasi atau penilaian dan memiliki wawasan kependidikan yang mendalam. Keterampilan profesional guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guru dapat melakukan pengelolaan kelas melalui penataan tempat duduk siswa tidak diperbolehkan siswa laki-laki satu bangku dengan perempuan. Problematika yang ditemukan saat melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam beragam, sekalipun guru telah melakukannya menurut ruang lingkup, fungsi dan tujuan Pendidikan Agama Islam akan tetapi terdapat problematika dari kurikulum, guru, siswa, sarana dan prasarana, dan proses belajar menagajar itu sendiri. Upaya dalam mengatasi problematika proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan oleh guru, siswa dan sekolah. Upaya yang dilakukan sekolah melalui pembuatan RPP, penguasaan materi, penetapan indikator pembelajaran, pengusaan materi, memotivasi siswa, pengolalaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesional guru; Pendidikan agama islam; SMA Negeri 1 Angkola Barat Kecamatan Angkola Barat |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 03:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 03:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3198 |
Actions (login required)
View Item |